home CERITA PENDEK Pengalaman Interview Kerja di Ambarrukmo Plaza

Pengalaman Interview Kerja di Ambarrukmo Plaza

Hay sobat semua.. Gua mau numpang curhat nih.
Interview kali ini memang bukan yang pertama dalam kehidupan gua, tapi entahlah, bagi lo lo semua yang pernah ngalamin, pasti ngerasain hal yang sama. Yups, deg-degan.
.
Rasa was-was selalu datang. Keringetan dan hati berdebar-debar, sangat menjengkelkan sebenarnya, tapi ya mau gimana lagi, gua lagi butuh kerjaan untuk menyambung hidup.
.
Sudah seminggu sebenarnya surat lamaran gua kirim. Hari demi hari gua tunggu info-nya, gak dateng-dateng. Kemarin malam temen gua namanya Jaya (anak Viking Cirebon) main ke kos, biasa lah main gitar, internetan, biasa lah yang namanya anak maen kaya gimana. Dia itu udah kerja jadi cleaning service di Ambarrukmo Plaza, salah satu mall di Jalan Laksda Adisucipto Yogyakarta.
.
Info lowongan kerja juga gua dapet dari dia.
Nah kembali ke topik. Kemarin malem ketika temen gua itu main ke kos, gua udah putus asa. Kayaknya lamaran yang udah gua kirim sekitar seminggu yang lalu gak diterima. Makanya gua mau ngeprint lagi lamaran pekerjaan ke tempat yang lain, tapi masih tetep di Ambarrukmo Plaza.
.
Jam 6 sore selepas maghrib gua print lamaran pekerjaan. Gak butuh waktu lama, cuma sekitar 15 menit gua udah nyiapin berkas-berkas lamaran, dari mulai fotokopi ijazah, surat keterangan baik, fotokopi ktp, pas foto, segala macem lah.
.
Adzan Isya pun berkumandang. Tiba-tiba temen pinggir kos minta bantuan. Dia ingin ngirim biaya kuliah semesteran di kampus yang sama dengan gua, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Malam itu malam terakhir bagi pembayaran kampus. Jam 10 malam registrasinya ditutup. Dia cuma punya rekening BRI, sedangkan tadi siang dia coba kirim lewat ATM ternyata gak bisa, padahal kampus gua udah kerja sama tuh dengan bank BRI. Entahlah, gangguan paling.
.
Namanya mas Komaruddin. Temennya mas Komar bilang katanya bisa kalo lewat ATM Mandiri. Kebetulan tuh gua make rekening Mandiri, akhirnya gua tolongin dia. Awalnya ke ATM BRI buat transfer uang mas Komar ke rekening gua, abis itu ke ATM Mandiri untuk selanjutnya registrasi biaya semesteran.
.
Ketika gua ke ATM, gua tinggal tuh si Jaya di kosan. Pas lagi di ATM Mandiri, tau-tau ada sms yang masuk, bunyi sms-nya gini :
.
“Selamat malam, menindak lanjuti surat lamaran saudara, kami Centro Plaza Ambarrukmo mengundang saudara untuk interview dengan Bapak Allung Departement Ladies Apparel pada hari Selasa, 27 Januari 2015 pada pukul 14:00. Silahkan lewat pintu karyawan Centro di belakang gedung. Mohon konfirmasi kehadiran.”
Tanpa pikir panjang langsung gua bales, “Siap pak, terima kasih sebelumnya.”
.
Jam dua tadi siang gua memenuhi undangan dari Centro Amplaz (Ambarrukmo Plaza). Gua masuk lewat pintu karyawan di belakang gedung. Gila bro, entah lah karena faktor apa, rasa deg-degan itu selalu muncul. Padahal pengalaman interview bukan kali ini aja gua alamin. Tapi ya mau gimana lagi, memang sudah seharusnya kali ya orang yang melamar pekerjaan itu pasti ngerasain deg-degan saat di interview.
.
Seperti biasa, si pelamar kerja pasti di buat menunggu untuk beberapa menit. Sekitar 10 menitan gua nunggu Pak Alung. Kemudian dia datang, dan oh my God, ini pengalaman interview yang paling simple. Biasanya gua bisa menunggu hingga setengah jam, atau bahkan pernah satu jam. Tapi baru nunggu 10 menit, pak Alung datang, tak lebih dari 5 menit, dia nyuruh gua ngukur ketinggian badan, dan selanjutnya langsung interview.
.
Lo tau gak, ini interview gua yang paling cepet. Dia nyuruh gua ngenalin diri, nanyain motivasi kenapa gua pengen kerja, kira-kira bentrok gak dengan jadwal kuliah di UIN Sunan Kalijaga, dan pertanyaan terakhir apa komitmen yang bisa gua berikan untuk tempat gua kerja nanti. Gua jawab seperti jawaban gua di interview-interview yang pernah gua alamin.
.
Yang paling penting dia nanyain gua apa tugas-tugas FA (Nah, sebenarnya sampai tulisan ini gua buat, gua gak tau kepanjangan FA, gua cari-cari di google, tapi dapetnya Flight Attendant, tapi gua gak yakin itu kepanjangannya buat pelayan Centro cowok, itu kan buat pramugari pesawat. Bagi yang tau boleh share di kolom komentar).  Tapi intinya, FA itu punya tugas yang sama kaya SPG (Sales Promotion Girl), menawarkan produk bagi pelanggan/konsumen yang datang ke Centro. Gitu lah pokoknya. Cuma bedanya, kalo SPG itu buat cewek, kalo FA istilahnya buat cowok. Itu doang bedanya.
.
 Dan jreng, gak lebih dari 10 menit, interview pun selesai, dengan ditutup oleh ucapan Pak Alung:
“Udah sekian interview saya hari ini, besok jam 2 siang datang lagi ke sini, tapi temui Pak Hans untuk melakukan Screening, bilang saja sudah interview kemarin sama Pak Alung.”
Gua langsung jabat tangan Pak Alung sambil ngomong, “Terima kasih pak.”
Hati gua plong. Dan gua gak sabar pengen kembali ke Ambarrukmo Plaza esok hari jam 2 siang.
.
.
=========================
.
Ditulis oleh : IDIK SAEFUL BAHRI, S.H.
Facebook Comments
TAGS:

IDIK SAEFUL BAHRI

Idik Saeful Bahri, S.H. adalah warganet yang aktif mempromosikan hubungan kuat antara Keagamaan, Kenegaraan, dan Kebudayaan. Bahwa ketiganya merupakan suatu kesatuan yang saling melengkapi, bukan merupakan bagian terpisah yang saling bertentangan. Islam, Indonesia, dan Tradisi, dapat hidup beriringan dalam kehidupan sosial masyarakat. Karena diatas ketiganya berdiri suatu fondasi kuat yang alamiyah dari Tuhan, yaitu Kemanusiaan. Konflik atas dasar pertentangan diantara agama, negara, dan budaya, seharusnya dapat dihindari karena kesadaran akan unsur kesatuan makhluk (Kemanusiaan). Dalam sebagian tulisannya, Idik Saeful Bahri biasa menggunakan nama pena, yakni @idikms.

One thought on “Pengalaman Interview Kerja di Ambarrukmo Plaza

Tinggalkan Balasan

Bahasa Rakyat